Search

Punya Bisnis kuliner perlu Sertifikat Laik Hygiene? Ini 4 Benefitnya!

Hygiene sanitasi makanan merupakan usaha untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Usaha peningkatan Hygiene dan sanitasi penting dilakukan guna menjamin bahwa tidak terjadi masalah kesehatan masyarakat terkait usaha rumah makan dan restoran ini. Perkembangan bisnis yang cukup pesat di tahun 2022 ini menjadi […]

Hygiene sanitasi makanan merupakan usaha untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Usaha peningkatan Hygiene dan sanitasi penting dilakukan guna menjamin bahwa tidak terjadi masalah kesehatan masyarakat terkait usaha rumah makan dan restoran ini.

Perkembangan bisnis yang cukup pesat di tahun 2022 ini menjadi peluang emas untuk para UMKM yang ingin melebarkan bisnisnya khususnya di ranah kuliner, namun untuk membangun usaha tersebut tidak hanya memikirkan produknya saja namun juga kelayakan toko ataupun warung yang akan menjadi pusat dari bisnis kuliner tersebut berjalan. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota juga memberikan sertifikat khusus dengan kelayakan bisnisnya yaitu sertifikat Laik rumah makan/resto.

 

Apa itu Sertifikat Laik Hygiene?

Merupakan bukti tertulis yang dikeluarkan oleh Lembaga yang Berwenang seperti Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota kepada yang sudah memenuhi syarat baik dari segi administratif dan Teknis. Persyaratan Administratif yang dimaksud meliputi fotokopi KTP, pas foto, fotokopi sertifikat pelatihan higiene sanitasi bagi pemilik atau pengusaha, denah bangunan dapur, surat penunjukkan tenaga sanitarian (tenaga dengan pengetahuan higiene sanitasi sebagai penanggung jawab), fotokopi ijazah tenaga sanitarian, fotokopi sertifikat kursus higiene sanitasi bagi penjamah makanan. Sementara itu, persyaratan teknis yang dimaksud meliputi persyaratan bangunan, peralatan, ketenagaan, dan juga bahan makanan.

Selain itu, Pemeriksaan Fasilitas sanitasi yang dilakukan juga mencakup sarana fisik bangunan dan perlengkapannya yang digunakan untuk memelihara kualitas lingkungan atau mengendalikan faktor-faktor lingkungan fisik yang dapat merugikan kesehatan manusia antara lain sarana air bersih, jamban, peturasan, saluran limbah, tempat cuci tangan, bak sampah, kamar mandi, lemari pakaian kerja, peralatan pencegahan terhadap lalat, tikus dan hewan lainnya serta peralatan kebersihan.

 

Dasar Hukum Laik Hygiene?

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran, seperti yang tertulis pada Pasal 2 ayat (2) bahwa Untuk memiliki izin usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) rumah makan dan restoran harus memiliki sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restoran yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Tujuannya agar bisnis dari pelaku usaha memenuhi syarat dan masyarakat sebagai konsumen terlindungi dan merasa nyaman dengan adanya sertifikat laik Hygiene.

 

Cara memperoleh sertifikat Laik Hygiene

Untuk mendapatkan sertifikat Laik Hygiene dibutuhkan beberapa tahapan penting yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini:

  1. Pelaku usaha mengajukan permohonan kepada kepala dinas Kesehatan kabupaten/kota dengan melampirkan formulir
  2. Kepala dinas Kesehatan Kab/Kota menetapkan tim pemeriksa uji laik Hygiene
  3. Tim pemeriksa lakukan kunjungan dan pemeriksaan untuk menilai baik dari kelaikan persyaratan bangunan, peralatan, ketenagaan, dan bahan makanan baik fisik, kimia, maupun bakteriologis.
  4. Tim pemeriksa melaporkan hasil pemeriksaan kepada kepala dinas Kesehatan kab/kota.
  5. Sertifikat laik Hygiene dikeluarkan saat pemohon dinyatakan telah memenuhi syarat.

 

Keuntungan menggunakan Sertifikat Laik Hygiene

Dengan adanya sertifikat laik Hygiene untuk resto/rumah makan, tentu saja kelayakan bisnis atau usaha di bidang kuliner dapat memperoleh benefit yang menguntungkan. Tidak hanya untuk konsumen, namun juga untuk perusahaan itu sendiri. Apa saja benefitnya?

  • Membuat bisnis kamu lebih dipercaya

         Dengan memiliki sertifikat laik Hygiene untuk resto atau usaha makanan, maka perusahaan kuliner kamu akan dapat lebih dipercaya oleh konsumen dikarenakan usaha kamu telah melewati berbagai tes atau pengujian yang sudah dilakukan oleh tim

  • Meningkatkan Omset Penjualan

         Dengan bertambahnya kepercayaan konsumen, maka perusahan kamu juga tentunya akan mendatangkan lebih banyak konsumen lain karena telah menjadi kepercayaan konsumen.

  • Menurunkan Resiko Konsumen terserang penyakit

Karena telah mendapatkan sertifikat ini, maka resiko pada konsumen yang terserang penyakit dari makanan kamu akan berkurang. Hal ini terjadi karena pengujian laik Hygiene mencakup juga soal kesehatan makanannya mulai dari penyimpanan bahan baku, hingga penyajian makanannya.

  • Komitmen terhadap keamanan pangan

Dengan memiliki sertifikat Laik Hygiene, kamu berkomitmen menjaga keamanan pangan untuk usaha kamu dan memberikan kelayakan pangan bagi konsumen kalian.

Melalui Documenta, kamu juga bisa membangun bisnis di Bidang kuliner mulai dari Pendirian PT, pendaftaran Merek, hingga pengurusan sertifikat Laik Hygiene. Tidak perlu Khawatir, Konsultasikan dengan kami secara Gratis!

Artikel Lainnya
perbedaan advokat dan pengacara
Bisnis

Perbedaan Advokat dan Pengacara: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Ketika mendengar istilah pengacara, mungkin yang pertama kali Anda pikirkan adalah pengadilan. Biasanya pengacara dibutuhkan untuk membantu pihak yang sedang terkena masalah hukum. Tidak hanya pengacara, istilah lainnya seperti advokat dan konsultan hukum juga seringkali didengar. Istilah

Baca »
Perubahan akta perusahaan adalah proses hukum di mana dokumen resmi perusahaan, yang disebut akta pendirian atau akta konstitusi, diubah atau disesuaikan dengan kebutuhan baru perusahaan. Perubahan ini dapat meliputi berbagai aspek, termasuk perubahan nama perusahaan, alamat kantor, tujuan usaha, modal dasar, susunan direksi dan manajemen, serta ketentuan-ketentuan lain yang diatur dalam akta perusahaan.
Bisnis

Perubahan Akta Perusahaan: Panduan Lengkap dan Pentingnya Konsultasi Hukum

perubahan akta perusahaan adalah suatu kebutuhan yang tak terhindarkan seiring dengan pertumbuhan dan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis. Kesimpulannya, perubahan akta perusahaan merupakan proses yang penting dan strategis untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi secara efektif, sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnisnya. Melalui proses ini, perusahaan dapat menyesuaikan struktur dan ketentuan hukumnya dengan perkembangan bisnis dan regulasi yang berlaku, serta memastikan perlindungan hukum yang memadai bagi semua pihak yang terlibat.

Namun, penting untuk diingat bahwa perubahan akta perusahaan bukanlah proses yang sepele. Perubahan tersebut harus dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, serta mempertimbangkan kepentingan semua pihak yang terlibat. Untuk itu, konsultasi dengan ahli hukum sangat dianjurkan dalam setiap tahapan perubahan akta perusahaan untuk memastikan kelancaran proses dan kepatuhan hukum.

Baca »

Jika anda sudah pernah terdaftar sebagai Documenta User, anda bisa lanjut dengan login dibawah ini

Mohon maaf, untuk pendaftaran sementara hanya dapat dilakukan melalui pesan WhatsApp kepada tim kami

Documenta Artikel
Our Contact