Search

3 Alasan Perlindungan HKI itu Penting untuk bisnis lebih Aman

HKI menciptakan perlindungan hukum terhadap penciptaan yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok serta mencegah terjadinya pelanggaran atas HKI
Perlindungan HKI untuk bisnis
Perlindungan HKI untuk bisnis kamu

Dengan berkembangnya usaha rintisan atau yang biasa disebut Start-up membuat pelaku usaha gencar membuat merek-merek mereka untuk lebih unggul dari yang lain. Namun, tak jarang dari mereka melupakan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dengan mengetahui dan menerapkan HKI, pelaku usaha tidak perlu khawatir akan dirugikan terkait dengan merek yang mereka buat.

Tujuan HKI bagi pelaku usaha tentu sebagai perlindungan hukum terhadap penciptaan yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok, selain itu HKI juga bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya pelanggaran atas HKI milik orang atau kelompok lain, Menjadi nilai jual lebih karena dengan memiliki merek akan lebih dapat dikenali oleh masyarakat.

Dasar hukum terkait merek juga tertuang secara jelas melalui Undang-undang nomor 20 Tahun 2016 Bahwa Merek merupakan tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi dan/atau 3 dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa

Melalui Documenta, Perlindungan HKI atas aset Anda seperti nama dan logo usaha dengan Merek, ciptaan seperti lagu, buku, dan masih banyak lagi dengan Hak Cipta dapat dengan mudah dan cepat diproses.

Perlindungan HKI bisa menguntungkan, berikut keuntungannya:

  • Melihat dari sisi bisnis: tim kami juga memberikan saran dari sisi bisnis untuk memaksimalkan potensi diterimanya merek berdasarkan pada ketentuan Undang-Undang Merek.
  • Menyediakan solusi masa depan: bukan sebatas pengajuan permohonan merek, kami bersedia menyampaikan surat tanggapan apabila permohonan merek menerima keberatan atau usulan penolakan.
  • Monitoring sampai tuntas: layanan kami sampai pada mengikuti perkembangan keseluruhan proses sampai terdapat keputusan final di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jenis Layanan Perlindungan HKI Kami

Layanan yang diberikan oleh Documenta mencakup pendaftaran merek dan juga pencatatan hak cipta, untuk rinciannya sebagai berikut:

Pendaftaran merek

  1. Penelusuran Nama Merek (LO & Hasil Penelusuran Merek)
  2. Penelusuran Nama Merek (LO & Hasil Penelusuran Merek + 1 kuota penelusuran nama merek revisi)
  3. Penelusuran Nama Merek (LO & Hasil Penelusuran Merek + 2 kuota penelusuran nama merek revisi) dan Submit Permohonan Merek (termasuk draft Surat Tanggapan)
  4. Upaya Banding
  5. Perpanjangan Merek (sebelum & sesudah tanggal berakhir)

Pencatatan hak cipta

  1. Verifikasi Data Persyaratan Hak Cipta
  2. Submit Permohonan Hak Cipta

Artikel Lainnya
Memahami KITAS: Keuntungan, Jenis, dan Jangka Waktu – Ajukan KITAS dengan Documenta.id
KITAS

KITAS: Investasi Terbaik untuk Masa Depan Anda di Indonesia

KITAS, atau Kartu Izin Tinggal Terbatas, adalah izin penting bagi warga asing yang ingin tinggal di Indonesia untuk jangka waktu tertentu. KITAS memberikan banyak manfaat, seperti residensi legal, akses ke layanan lokal, dan kesempatan kerja atau investasi. KITAS tersedia dalam berbagai jenis, termasuk KITAS Kerja, Keluarga, Pensiun, Pelajar, dan Investor, dengan masa berlaku yang bisa diperpanjang. Documenta.id siap membantu proses pengajuan KITAS Anda dengan layanan profesional, aman, dan cepat, memastikan pengalaman yang mudah dan nyaman bagi Anda selama tinggal di Indonesia.

Baca »
Dalam dunia pemasaran yang kompetitif, seringkali perusahaan cenderung untuk membuat klaim berlebihan tentang produk atau layanan mereka dalam upaya untuk menarik perhatian konsumen. Namun, apa yang sering diabaikan adalah risiko hukum yang terkait dengan iklan yang berlebihan atau overclaim. Memahami implikasi hukum dari tindakan ini sangat penting bagi perusahaan agar tidak terjerat dalam sengketa hukum yang mahal dan merugikan. Artikel ini akan menjelajahi pentingnya berhati-hati dalam membuat klaim iklan dan risiko hukuman yang mungkin terjadi jika terlalu berlebihan.
Bisnis

Hati-hati Jika Iklan Overclaim: Memahami Risiko Hukuman yang Mungkin Terjadi

Dalam dunia pemasaran yang dipenuhi dengan klaim yang megah dan klaim berlebihan, seringkali kita disuguhi iklan-iklan yang menyatakan suatu produk atau layanan sebagai “top nomor 1 di Indonesia” atau “terbaik di Asia Tenggara”. Namun, seberapa jauh klaim semacam ini sesuai dengan kenyataan? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi fenomena iklan overclaim, menggali apa yang sebenarnya ada di balik klaim-klaim megah tersebut, dan mengapa konsumen harus lebih waspada terhadap apa yang mereka percayai dari iklan tersebut.

Baca »

Jika anda sudah pernah terdaftar sebagai Documenta User, anda bisa lanjut dengan login dibawah ini

Mohon maaf, untuk pendaftaran sementara hanya dapat dilakukan melalui pesan WhatsApp kepada tim kami

Documenta Artikel
Our Contact