Search

Punya Bisnis kuliner perlu Sertifikat Laik Hygiene? Ini 4 Benefitnya!

Hygiene sanitasi makanan merupakan usaha untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Usaha peningkatan Hygiene dan sanitasi penting dilakukan guna menjamin bahwa tidak terjadi masalah kesehatan masyarakat terkait usaha rumah makan dan restoran ini. Perkembangan bisnis yang cukup pesat di tahun 2022 ini menjadi […]

Hygiene sanitasi makanan merupakan usaha untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. Usaha peningkatan Hygiene dan sanitasi penting dilakukan guna menjamin bahwa tidak terjadi masalah kesehatan masyarakat terkait usaha rumah makan dan restoran ini.

Perkembangan bisnis yang cukup pesat di tahun 2022 ini menjadi peluang emas untuk para UMKM yang ingin melebarkan bisnisnya khususnya di ranah kuliner, namun untuk membangun usaha tersebut tidak hanya memikirkan produknya saja namun juga kelayakan toko ataupun warung yang akan menjadi pusat dari bisnis kuliner tersebut berjalan. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota juga memberikan sertifikat khusus dengan kelayakan bisnisnya yaitu sertifikat Laik rumah makan/resto.

 

Apa itu Sertifikat Laik Hygiene?

Merupakan bukti tertulis yang dikeluarkan oleh Lembaga yang Berwenang seperti Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota kepada yang sudah memenuhi syarat baik dari segi administratif dan Teknis. Persyaratan Administratif yang dimaksud meliputi fotokopi KTP, pas foto, fotokopi sertifikat pelatihan higiene sanitasi bagi pemilik atau pengusaha, denah bangunan dapur, surat penunjukkan tenaga sanitarian (tenaga dengan pengetahuan higiene sanitasi sebagai penanggung jawab), fotokopi ijazah tenaga sanitarian, fotokopi sertifikat kursus higiene sanitasi bagi penjamah makanan. Sementara itu, persyaratan teknis yang dimaksud meliputi persyaratan bangunan, peralatan, ketenagaan, dan juga bahan makanan.

Selain itu, Pemeriksaan Fasilitas sanitasi yang dilakukan juga mencakup sarana fisik bangunan dan perlengkapannya yang digunakan untuk memelihara kualitas lingkungan atau mengendalikan faktor-faktor lingkungan fisik yang dapat merugikan kesehatan manusia antara lain sarana air bersih, jamban, peturasan, saluran limbah, tempat cuci tangan, bak sampah, kamar mandi, lemari pakaian kerja, peralatan pencegahan terhadap lalat, tikus dan hewan lainnya serta peralatan kebersihan.

 

Dasar Hukum Laik Hygiene?

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran, seperti yang tertulis pada Pasal 2 ayat (2) bahwa Untuk memiliki izin usaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) rumah makan dan restoran harus memiliki sertifikat laik hygiene sanitasi rumah makan dan restoran yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Tujuannya agar bisnis dari pelaku usaha memenuhi syarat dan masyarakat sebagai konsumen terlindungi dan merasa nyaman dengan adanya sertifikat laik Hygiene.

 

Cara memperoleh sertifikat Laik Hygiene

Untuk mendapatkan sertifikat Laik Hygiene dibutuhkan beberapa tahapan penting yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini:

  1. Pelaku usaha mengajukan permohonan kepada kepala dinas Kesehatan kabupaten/kota dengan melampirkan formulir
  2. Kepala dinas Kesehatan Kab/Kota menetapkan tim pemeriksa uji laik Hygiene
  3. Tim pemeriksa lakukan kunjungan dan pemeriksaan untuk menilai baik dari kelaikan persyaratan bangunan, peralatan, ketenagaan, dan bahan makanan baik fisik, kimia, maupun bakteriologis.
  4. Tim pemeriksa melaporkan hasil pemeriksaan kepada kepala dinas Kesehatan kab/kota.
  5. Sertifikat laik Hygiene dikeluarkan saat pemohon dinyatakan telah memenuhi syarat.

 

Keuntungan menggunakan Sertifikat Laik Hygiene

Dengan adanya sertifikat laik Hygiene untuk resto/rumah makan, tentu saja kelayakan bisnis atau usaha di bidang kuliner dapat memperoleh benefit yang menguntungkan. Tidak hanya untuk konsumen, namun juga untuk perusahaan itu sendiri. Apa saja benefitnya?

  • Membuat bisnis kamu lebih dipercaya

         Dengan memiliki sertifikat laik Hygiene untuk resto atau usaha makanan, maka perusahaan kuliner kamu akan dapat lebih dipercaya oleh konsumen dikarenakan usaha kamu telah melewati berbagai tes atau pengujian yang sudah dilakukan oleh tim

  • Meningkatkan Omset Penjualan

         Dengan bertambahnya kepercayaan konsumen, maka perusahan kamu juga tentunya akan mendatangkan lebih banyak konsumen lain karena telah menjadi kepercayaan konsumen.

  • Menurunkan Resiko Konsumen terserang penyakit

Karena telah mendapatkan sertifikat ini, maka resiko pada konsumen yang terserang penyakit dari makanan kamu akan berkurang. Hal ini terjadi karena pengujian laik Hygiene mencakup juga soal kesehatan makanannya mulai dari penyimpanan bahan baku, hingga penyajian makanannya.

  • Komitmen terhadap keamanan pangan

Dengan memiliki sertifikat Laik Hygiene, kamu berkomitmen menjaga keamanan pangan untuk usaha kamu dan memberikan kelayakan pangan bagi konsumen kalian.

Melalui Documenta, kamu juga bisa membangun bisnis di Bidang kuliner mulai dari Pendirian PT, pendaftaran Merek, hingga pengurusan sertifikat Laik Hygiene. Tidak perlu Khawatir, Konsultasikan dengan kami secara Gratis!

Artikel Lainnya
kontrak
Bisnis

Negosiasi Kontrak Kerja dan Gaji Yang Baik

Negosiasi kontrak kerja dan gaji adalah hal yang lumrah dilakukan, terutama oleh calon karyawan yang sudah memiliki posisi tawar sebelumnya, misalnya karyawan yang sedang bekerja di suatu perusahaan ditawarkan posisi yang sama di perusahaan lain.

Baca »
SIUJK
SIUJK

SIUJK (Surat Izin Jasa Konstruksi)

SIUJK memberikan keamanan bagi pemilik proyek bahwa proyeknya dikelola oleh yang terbaik. Kedua, bagi kontraktor, SIUJK adalah pengakuan profesionalitas dan kualifikasi.

Sekarang, ada kabar baik untuk Anda. Jika Anda mencari solusi yang efisien dan andal untuk mendapatkan SIUJK, Documenta adalah jawabannya!

Documenta menawarkan layanan SIUJK yang cepat, terpercaya, dan sesuai dengan regulasi. Kami mengurus semua aspek administratif sehingga Anda bisa fokus pada proyek Anda tanpa repot.

Jangan biarkan masalah administratif menghambat proyek Anda. Percayakan SIUJK Anda kepada Documenta, mitra terpercaya bagi para profesional konstruksi.

Baca »
PIRT adalah singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga, yaitu izin produksi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memastikan keamanan pangan yang dihasilkan. pengajuan
Bisnis

Cara Mengajukan Izin PIRT, Berikut Syarat dan Prosedur Lengkapnya

Pengajuan Izin PIRT, izin PIRT atau Pangan Industri Rumah Tangga merupakan sebuah izin produksi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk memastikan keamanan pangan yang dihasilkan.

Izin ini diberikan setelah produk-produk tersebut melewati serangkaian uji kualitas dan keamanan. Berikut adalah uraian lengkap mengenai prosedur pengajuan izin PIRT.

Baca »

Jika anda sudah pernah terdaftar sebagai Documenta User, anda bisa lanjut dengan login dibawah ini

Mohon maaf, untuk pendaftaran sementara hanya dapat dilakukan melalui pesan WhatsApp kepada tim kami

Documenta Artikel
Our Contact