Search

Izin BPOM untuk bisnis lebih kredibel

Izin BPOM tidak hanya membuat usaha kamu dapat lebih dipercaya, namun juga menjaga kepuasan customer kamu
Izin BPOM
image of asian woman preparing salad in the kitchen

Izin BPOM menjadi penting di era sekarang, dikarenakan banyak pengusaha-pengusaha muda yang tertarik untuk membangun bisnis mereka tak terkecuali di bidang makanan. Pelaku UKM/UMKM di bidang ini, tentu harus juga memiliki izin yang sesuai agar produk mereka lebih bisa dipercaya oleh konsumen. Tidak sedikit yang menganggap bahwa mengurus izin BPOM itu sulit serta butuh menyelesaikan beragam persyaratan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga mereka enggan untuk mendaftarkan produk mereka ke BPOM.

Mengenal apa itu BPOM?

BPOM menjadi hal yang penting bagi kedua pihak baik pengusaha maupun dari sisi konsumen, dimana dengan adanya izin BPOM pengusaha menjadi memiliki kredibilitas lebih terhadap usaha yang sedang dijalankan, sementara itu dari sisi konsumen akan lebih percaya terhadap produk tersebut dan tentunya akan meningkatkan minat konsumen terhadap produk tersebut.

CPPOB sendiri merupakan singkatan dari Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik yang memiliki arti sebagai pedoman yang menjelaskan bagaimana memproduksi pangan olahan agar aman, bermutu, dan layak untuk dikonsumsi (Pasal 1 angka 5 Per BPOM 22/2021). Sedangkan Izin Penerapan CPPOB adalah dokumen sah yang merupakan bukti bahwa sarana produksi pangan olahan telah memenuhi dan menerapkan standar CPPOB dalam kegiatan produksi pangan olahan (Pasal 1 angka 6 Per BPOM 22/2021).

Izin CPPOB wajib dimiliki oleh pelaku usaha yang memproduksi pangan olahan sebagai bentuk dokumen sah bahwa sarana produksi pangan olahan telah memenuhi dan menerapkan standar pangan yang baik. Pangan merupakan hal yang esensial yang dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu, saat ini kemauan masyarakat dalam menjalankan bisnis di bidang pangan juga meningkat, termasuk pangan olahan. Pengecekan izinnya pun tergolong mudah, pengguna hanya perlu mengunjungi website BPOM untuk melakukan pengecekan.

Apa sih pentingnya?

Di satu sisi, dengan banyaknya produk pangan olahan yang beredar maka diperlukan standar dan persyaratan yang tinggi untuk menjamin keamanan pangan dan keselamatan konsumen. Untuk menjamin hal tersebut perlu diterapkan cara produksi pangan olahan yang baik yang dibuktikan dengan adanya izin. Produsen dalam melakukan kegiatan produksi pangan olahan sebagai pemenuhan persyaratan keamanan pangan wajib memiliki izin penerapan CPPOB dari Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) (Pasal 3 Peraturan Kepala BPOM Nomor 22 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penerbitan Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (Per BPOM 22/2021).

Melalui Documenta, pengurusan izin BPOM dapat dilakukan dengan mudah dengan tahap berikut:

  1. PROSES REGISTRASI E-SERTIFIKASI
  2. PEMBUATAN SITE PLAN DENAH
  3. PERSETUJUAN DENAH
  4. RENOVASI
  5. AUDIT FASILITAS PRODUKSI DAN PERBAIKAN CAPA
  6. PENYUSUNAN MANUAL DAN SOP
  7. IMPLEMENTASI CPPOB
  8. PROSES REGISTRASI CPPOB PERUSAHAAN-PERUSAHAAN
  9. PROSES daftar E-REGISTRASI PRODUK
  10. PROSES daftar PRODUK

Artikel Lainnya
ayda
Uncategorized @id

Dasar Hukum Penjualan Agunan yang Diambil Alih (AYDA)

kata AYDA terdiri dari anggunan/Jaminan , dan penjelaskan kalimat yang Diambil Alih (oleh bank). Jaminan menurut M. Bahsan adalah , “adalah segala sesuatu yang diterima debitur untuk menjamin suatu utang piutang dalam masyarakat” sedankgan diambil al

Baca »
Retainer Legal, atau Legal Counsel, adalah perjanjian kontrak di antara klien dengan seorang advokat atau firma hukum untuk menyediakan layanan hukum secara berkala atau kontinyu. Ini memungkinkan klien untuk mengakses layanan hukum dan konsultasi secara rutin selama periode waktu tertentu, dengan membayar biaya tetap kepada advokat atau firma hukum yang dipilih.
Retainer Legal

Retainer Legal: Investasi Cerdas untuk Melindungi Bisnis Anda

Di era bisnis modern yang penuh dengan tantangan hukum, memiliki dukungan hukum berkelanjutan adalah investasi yang cerdas. “Retainer Legal: Investasi Cerdas untuk Melindungi Bisnis Anda” mengupas tuntas bagaimana retainer legal dapat memberikan perlindungan hukum yang kontinu, manfaatnya untuk bisnis Anda, serta tips memilih retainer yang tepat. Temukan bagaimana langkah ini tidak hanya melindungi bisnis Anda dari risiko hukum, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran dengan akses prioritas ke layanan hukum profesional. Jangan lewatkan panduan lengkap ini untuk memahami dan memanfaatkan retainer legal sebagai strategi perlindungan bisnis Anda.

Baca »
Pecah kongsi dalam bisnis adalah situasi di mana para pendiri atau pemilik bisnis memutuskan untuk berpisah dan mengelola bagian usaha mereka masing-masing secara terpisah. Meskipun sering kali disebabkan oleh perbedaan visi, strategi, atau masalah personal, pecah kongsi dapat membawa dampak signifikan pada operasional dan keberlangsungan bisnis. Untuk menghadapi situasi ini dengan baik, persiapan legalitas yang matang sangatlah penting.
Bisnis

Pecah Kongsi dalam Bisnis: Tantangan, Legalitas, dan Persiapan yang Diperlukan

Pecah kongsi dalam bisnis adalah situasi di mana para pendiri atau pemilik bisnis memutuskan untuk berpisah dan mengelola bagian usaha mereka masing-masing secara terpisah. Meskipun sering kali disebabkan oleh perbedaan visi, strategi, atau masalah personal, pecah kongsi dapat membawa dampak signifikan pada operasional dan keberlangsungan bisnis. Untuk menghadapi situasi ini dengan baik, persiapan legalitas yang matang sangatlah penting. Artikel ini akan membahas tantangan yang muncul dalam pecah kongsi, serta aspek legalitas apa saja yang perlu disiapkan.

Baca »

Jika anda sudah pernah terdaftar sebagai Documenta User, anda bisa lanjut dengan login dibawah ini

Mohon maaf, untuk pendaftaran sementara hanya dapat dilakukan melalui pesan WhatsApp kepada tim kami

Documenta Artikel
Our Contact